Bertapa di Kota Judi

Saya bilang sekalian saja saya bertapa di "kota judi"! Begitu kalimat ini terlontar, orang yang mendengarnya pun tertawa, mana mungkin dapat bertapa di "kota judi".

Saya pernah menjalani "kota judi", ada "Las Vegas", "Atlantic City", "Bahama", ..... Dua kota pertama berada di dalam lingkungan Amerika Serikat, yang terakhir berada di Amerika Timur.

Dapatkah bertapa di "kota judi"? Jawaban saya adalah "boleh". Mengapa boleh? Karena saya mengenal "sifat judi", makanya boleh. Ini adalah perbedaan pandangan saya, sebab di "kota judi" saya sanggup untuk tidak berjudi.

Mengenai "judi" saya acuh tak acuh, bukan berarti saya takut, juga bukan trauma, melainkan saya tidak terlena, saya memandangnya dengan sangat alami, saya merasa itu tidak lebih dari kota hiburan yang ramai yang dibangun di tengah padang gurun (maksudnya Las Vegas), tidak ada yang luar biasa, saya tidak berjudi, tentu saja saya boleh bertapa.

Seingat saya sewaktu muda, seorang dokter kaya, Prof. Zhou Yi-shou berkata pada saya, ia memperingatkan putranya, hanya dua kata:

"Jangan berjudi!"

Prof. Zhou berkata, "Saya adalah orang kaya, uang saya tidak ada habis-habisnya dihambur-hamburkan oleh anak cucu saya. Bila dihamburkan untuk makan, minum, dan bersenang-senang, itu ada batasnya, tapi jangan berjudi, sebab sekali berjudi, ludes harta seluruh keluarga, yang tersisa adalah kekuatiran dan kesedihan!"

Kata-kata Prof. Zhou sangat bermakna, ia menekankan bahwa berjudi itu sendiri berubah-ubah, juga bisa kalah dengan gagah, cepat atau lambat daun berguguran memenuhi tanah, miskin dan kosong, kalah hingga tidak tersisa sepeser pun.

Umat manusia harus ingat kata-kata Prof. Zhou, pandangannya memang benar, berjudi bisa membuat semua berubah, bahkan kandas dalam sekejap mata, Prof. Zhou mempunyai pencerahan hebat lain terhadap "judi".

Saya seorang bhiksu pengembara, tiba di "kota judi" pun tidak berjudi, karena tidak berjudi, saya pun boleh bertapa di "kota judi", ini adalah pandangan saya yang optimis, di "kota judi" justru kita bisa tahu bagaimana menjalani hidup! Sehingga hidupku bersinar, dan bukan semakin gelap. Di "kota judi", ada pencerahan yang lebih luar biasa.

Tidak ada komentar: