SADHANA PRAYOGA "HEVAJRA"

Saya pribadi merasa bahwa yang terpenting dalam menekuni sadhana Tantra adalah kontak yoga dengan "yidam".

Setelah Anda mencapai kontak yoga dengan "yidam", jika Anda menekuni lagi "yidam-yidam" lain yang berjodoh dengan Anda, Anda akan mencapai kontak yoga dengan semua yidam tersebut, semudah membalikkan telapak tangan.

Dengan kata lain, bila seseorang mencapai kontak yoga dalam satu sadhana, ia pun mencapai kontak yoga dalam sadhana-sadhana lain.

Untuk mencapai kontak yoga dengan "Hevajra", menurut saya penting sekali ditunjang dengan "Sadhana Prayoga". Jangan sampai tidak ada.

1. Sarana dan abhiseka yang benar.

Bila Anda ingin bersarana pada seorang guru yang benar-benar memahami sadhana Tantra, menekuni sadhana Tantra, bahkan mencapai kontak yoga dalam sadhana Tantra, guru demikian mengerti baik "Kye-rim" maupun "Dzog-rim", malah telah mencapai mahasiddhi, guru demikian sangat langka di dunia ini.

Anda harus bersarana pada guru demikian, bahkan menerima arus Dharma abhiseka yang sejati darinya.

Guru nomor satu sangat langka, sementara yang nomor dua, nomor tiga, nomor selanjutnya ada di mana-mana.

Sementara saya (Mahaguru Lu), memiliki pengetahuan yang benar, bersadhana sungguh-sungguh, mencapai kontak yoga, dan mencapai siddhi, di mana lagi ditemukan guru demikian?

2. Menerima ajaran Bodhicitta.

a. Bodhicitta prasetya. (Mahamaitri)

b. Bodhicitta paramartha. (Mahaprajna)

c. Bodhicitta samadhi. (Mahasamadhi)

Anda harus mengerti bahwa ajaran Bodhicitta lebih tinggi daripada ajaran Dwiyana lainnya dan keberhasilannya lebih besar.

Catur-smrty-upasthana, catvari-samyak-prahanani, catvara-rddhi-pada, pancandriya, panca-balani , sapta-bodhy, aryastanga, saptatrimsad-bodhi-paksikadharmah.

3. Sadhana Pertobatan Vajrasattva.

Prayoga ini sangat penting, boleh dikatakan yang paling penting dari seluruh sadhana pertobatan di dalam Agama Tantra.

"Hevajra" mengutamakan sadhana pertobatan Vajrasattva, sebab dapat melenyapkan kegelapan selama turun-temurun, semua kotoran yang tak berguna, dan semua tanda-tanda karma. Terakhir mencapai kesucian jati diri.

Di dalam "Mata Air Amerta Cakra Shri Hevajra", Hevajra merupakan penjelmaan langsung yang seketika dari Vajrasattva.

4. Sadhana Guruyoga.

Semua orang pun tahu bahwa di dalam Agama Tantra sangat mengutamakan Sang Guru.

Sadhana Guruyoga bahkan lebih agung daripada "Hevajra".

Y.M. Naropa, menjelmakan mandala "Hevajra" di tengah angkasa.

Dan Y.M. Marpa lebih dulu bernamaskara pada "Hevajra", kemudian bernamaskara pada Y.M. Naropa.

Namun, ini salah dan terbalik.

Y.M. Naropa menarik kembali "Hevajra" ke dalam hatinya.

Ternyata, Mulaguru adalah dasar dari semua sadhana Tantra.

Jika tanpa adhistana dari Sang Guru dan mencapai kontak yoga dengan Sang Guru, jangan harap mencapai keberhasilan dalam menekuni sadhana apapun.

5. Pandangan sejati madhyamika.

Sekte Dharmalaksana--觀遍計所執非有,依他圓成非空。

Sekte Trisastra--memandang semua Dharma, tidak timbul dan tidak tenggelam, tidak datang dan tidak pergi.

Sekte Tiantai--觀三千諸法一一絕待。

Sekte Tantra--Madhyamika Prasangika, Madhyamika Svatantrika.

(外假真空。)

(外假內有。)

Saya pribadi merasa metode sadhana "Agama Tantra", misalnya "Hevajra", hakikatnya adalah "lahir dan tidak lahir".

"Memahami hati" adalah tiada.

"Menyaksikan Buddhata" adalah ada.

Bukan ada dan bukan tiada adalah pandangan benar dari Madhyamika.

Bila Anda ingin mengetahui detil dari "memahami hati dan menyaksikan Buddhata", simaklah buku "Helai-helai Pencerahan", maka pemahaman Anda akan semakin luas!

Tidak ada komentar: