Hujan Seattle (Prakata)

Saat saya berusia 38 tahun, saya imigrasi ke Seattle - A.S., saat itu saya pun memahami kata "anicca". Beda sekali!

Saya pernah mengatakan:

Di Kaohsiung, saya telah hidup selama 19 tahun.

Di Taichung, 19 tahun.

Dan separuh hidup saya, tak disangka dihabiskan di Seattle - A.S., dalam waktu yang sangat panjang ini, saya bertemu:

"Hujan." hujan habis-habisan.

*

Hujan Seattle cukup terkenal, seingat saya, suatu kali, saya di Disneyland, Los Angeles.

Tiba-tiba, hujan badai.

Dua orang suami istri bule, yang pria berkata, "Hujan!"

Yang wanita berkata, "Pasti akan segera reda."

"Mengapa?"

Yang wanita berkata, "Karena bukan hujan Seattle."

Ha!

Separuh hidup saya tak disangka dilewati di antara hari-hari "hujan" yang berkepanjangan.

Secara emosi, saya menerima satu fakta, saya dikepung "hujan", namun, itu bukan ancaman, merupakan semacam inspirasi. Biarlah hujan turun tak henti-hentinya, namun, inspirasi saya juga tak henti-hentinya, marilah kita saling berbaur!

Secara logika, saya tahu saya harus melakukan 2 hal yang paling penting, biarlah ada pamrih, biarlah tiada pamrih, semuanya memiliki makna konkrit, kedua hal ini adalah:

"Bersadhana."

"Menulis."

Saya mau membuat semua orang tahu, saya bersadhana ibarat "hujan", saya menulis ibarat "hujan".

Itulah seluruh hidup saya.

*

Langit Seattle - A.S. selalu kelabu, sinar mentari jarang terlihat, orang yang pesimis dan pasif, mudah sekali terserang depresi, namun, saya dikejutkan oleh diri saya sendiri, saya adalah seorang yang mudah beradaptasi, sebaliknya saya menjadi semakin optimis dan bertekad untuk maju, bahkan aktif, saya tidak akan mengalami kesulitan, saya mengerti sekali bagaimana menerobosnya.

Mengubah pasif menjadi aktif.

Mengubah situasi sulit menjadi situasi mendukung.

Mengubah hujan menjadi sinar mentari.

Mengubah dukha menjadi sukha.

Megubah kesepian menjadi tekad untuk maju.

Pengalaman pribadi saya dalam bersadhana dan mencapai kebuddhaan adalah bukti pencarian arti kehidupan.

*

Saya merasa hujan Seattle itu indah!

Hujan Seattle itu pendamping terbaik!

Hujan Seattle itu musik!

Hujan Seattle itu seni!

Hujan Seattle itu inspirasi!

Hujan Seattle itu mata air hidup!

..........

Walaupun hidup saya mengalami banyak kesulitan, juga banyak kegagalan, pengalaman yang sulit diduga, namun, dunia masih indah, hidup itu tetap manis.

Bukalah mata.

Lihatlah hujan.

Itulah kebahagiaan! Bukankah demikian?

Tidak ada komentar: