Hujan Berlalu Lagi (Prakata)

Hampir tidak mungkin hujan tidak turun, tentu saja ada kemungkinan juga, seperti kawasan gurun pasir, namun, saya tidak pernah tinggal di sana.

Hujan Seattle Amerika, sangat terkenal, hujan jelas sangat banyak dan berlimpah ruah. Ada pegunungan, ada danau, ada hutan, ada burung, dan juga ada hujan. Di Seattle, saya telah menetap 30 tahun lamanya, "hujan berlalu lagi", benar-benar keajaiban, juga biasa.

Saya pikir: dengan adanya hujan, bumi ini hidup, jika tidak ada hujan, ribuan bahkan ratusan juta bintang, tata surya, atau tata surya yang lebih banyak lagi, mereka pun mati. Benar tidak menurut Anda? Oleh karena itu, hujan adalah keajaiban.

Mengenai biasa, kelihatannya biasa, jika hari tanpa hujan, bagaimana Anda hidup?

Kita di dalam hujan, melewati hidup satu hujan demi satu hujan, daun menghijau, daun memerah, daun menguning, daun gugur, kemudian daun hijau lagi, berulang lagi.....

Saya hidup.

Banyak peristiwa tidak terbayangkan pun terjadi!

Menulis sebuah sajak, mengenang "kehidupan hujan":

Awan datang lebih dulu
Hujan datang belakangan
Kemudian mengubah sebuah kota menjadi indah
Saat ini indah sekali
Seperti setembang lagu
Atau tarian yang anggun
Segumpal asap berubah menjadi halus
Batas langit
Batas bumi
Melepas pandang oh melepas pandang
Rumput harum bagaikan batu yaspis
Berapa banyak kejadian sepanjang hidup
Saat ini bergembun di bawah pena
Selain lirikan yang membeku
Di tengah hujan
Semua adalah niat sejati

Buku ini adalah buku saya yang ke-230, saya ingin sekali menuliskannya dengan sangat indah, saya mau menjadi seorang penyair yang ilusi, seperti seorang pemuda yang antusias, hidup adalah bunga yang mekar, hati penuh dengan keharuman, cinta, dan tawa muda.

Hujan tidak menyedihkan.
Hujan tidak menguatirkan.
Hujan tidak menakutkan.
Hujan tidak merisaukan.

Di dalam buku saya ini, dituliskan untuk "Gaga", juga ditulis untuk "hujan", terlebih-lebih ditulis untuk beribu-ribu bahkan berlaksa-laksa pembaca dan murid, kita harus hidup dengan bahagia.

Sama seperti:

Hujan Seattle!

Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar: