Kesuksesan

Terkenang dulu saat saya berada di Kota Redmond, Washington, ketika melewati sebuah hutan pinus, saya menunjuk kearah sebidang tanah lapang (saat itu agak tandus) sambil berkata”Di tanah ini kelak akan muncul seorang tokoh usahawan yang amat sukses.”
Ketahuilah bahwa tanah tersebut kini adalah milik pengusaha besar perusahaan induk’Microsoft’.
Tokoh usahawan yang sukses itu adalah Bill Gates.
Vihara Vajragarbha kita yang berada di kota Redmond, Seattle ,Washington, bersebelahan dengan perusahaan induk Microsoft, tepatnya disebelah bawahnya.cukup berjalan beberapa menit saja sudah sampai.di bawahnya lagi adalah danau Sammamish, danau terbesar kedua di negeri bagian Washington.
Tokoh yang paling sukses dalam usahanya pada masa ini dapat dikatakan Bill Gates.bagaimanapun juga ia adalah orang kaya nomor satu di dunia.
Saya ingat suatu ketika berceramah di vihara Vajragarbha Seattle. Saya sempat berkata seraya berguyon”Tempat sandaran Zhen Fo Zung sangat besar,yakni orang kaya nomor satu di dunia.
Berdasarkan ilmu fengshui perkataan ini tepat sekali.
Di belakang ada sandaran( Microsoft)
Di depan ada cermin ( Danau Sammamish )
Di kedua sisi ada rangkulan ( Gundukan bukit macan dan naga)
Di dalam cermin ada isi ( gunung di depan)
Seorang tokoh sukses dikatakan sukses tentu telah diakui orang banyak.Bill Gates yang kekayaannya nomor satu tentu saja tak dapat disangkar lagi.
Presiden Negara adidaya seperti Bush yang’berkuasa dan berkedudukan’, tentu juga termasuk tokoh sukses yang diakui oleh orang banyak.
Sedangkan tokoh-tokoh yang lain,baik kekuasaan,kedudukan,maupun kekayaan mereka hanyalah dapat digolongkan sebagai kelas teri saja.Namun kenikmatan meraka sungguh membuat orang lain menjadi terpikat dan sulit untuk dilupakan.
Yang namanya pejabat tinggi,selebriti,konglomerat, memang merupakan kesuksesan yang diakui oleh orang banyak akan tetapi tahukah anda bagaimana kesuksesan dari seorang sadhaka? Saya katakana,hal itu justru adalah:
“ketenangan!”
“ Bebas dan Leluasa!”
“Maitri, karuna,upeksa, dan mudita!”
“Kebahagiaan terlahir di tanah Suci!”

Tidak ada komentar: