Di Zhenfozong kita, ada seorang pakar guyon, ia adalah Sdri. Chen Chuan-fang dari California, Amerika Serikat, ia pintar sekali bercerita lucu, semua orang tertawa terbahak-bahak dibuatnya.
Suatu hari, ia menceritakan sebuah cerita lucu:
Seorang suami yang harmonis pulang dari kantor, namun di wajahnya terdapat dua tanda merah bekas tamparan.
Istrinya bertanya padanya, "Ada apa denganmu?"
Sang suami berkata, "Hari ini saya pulang naik kenderaan umum, di dalam kendaraan umum sangat ramai, saya melihat ritsleting di depan dada seorang gadis ditarik sangat rendah, dengan sangat hati-hati saya menarik ritsletingnya ke atas, lalu saya pun ditampar oleh gadis ini. Saya berpikir sejenak, tidak benar, tidak benar, gadis ini pasti sengaja menarik ritsletingnya ke bawah, jadi, saya bantu lagi gadis ini menarik ritsletingnya ke tempat asalnya, tak disangka, saya ditampar lagi oleh gadis tersebut."
Sang istri, "........"
Semua orang pun tertawa begitu mendengar cerita lucu dari Chen Chuan-fang.
Dari dalam cerita lucu tersebut, saya justru ingin mengajukan beberapa pertanyaan kepada Anda semua:
"Yang mana yang benar: menarik ke atas atau menarik ke bawah?"
"Yang mana yang benar: tidak membantu menarik ritsleting atau
membantu menarik ritsleting?"
Siswa yang bijaksana, jika Anda berada di dalam kenderaan umum, melihat ritsleting di depan dada gadis ini terjatuh sangat rendah, apa yang akan Anda lakukan?
Saya merasa cerita lucu ini mengandung kebenaran dari "pencerahan", kebenaran yang mengajarkan kita berjalan di atas prinsip yang benar.
Pencerahan adalah:
"Sesuatu yang terbawa keluar."
"Sesuatu yang tertuntun keluar."
"Kebenaran yang keluar dari sini."
"Berjalan sangat sempurna."
Saya memberikan petunjuk demikian:
"Jika Anda berada pada situasi tersebut, Anda akan memejamkan mata Anda, benarkah itu?"
"Jika Anda berada pada situasi tersebut, Anda akan berputar di tempat satu putaran dan membelakangi sang gadis, benarkah itu?"
Atau:
"Anda menghadapinya dengan sangat alami, Anda sama sekali tidak menghiraukannya, peduli amat ritsletingnya tertarik ke atas, atau tertarik ke bawah, Anda pura-pura tidak melihatnya, benarkah itu?"
Atau:
"Anda tidak sependapat, bukan, bukan, semuanya bukan."
Di dalam artikel ini, saya mengundang para siswa mulia untuk merenungkan dan memikirkan sejenak.
Di dalamnya terdapat:
"Bersih."
"Kotor."
"Tidak bersih dan tidak kotor."
"Bukan bukan."
Jika Anda seorang yang telah cerah, apa jawaban Anda? Apa yang baru disebut sebagai kesempurnaan agung (Mahadzogchen)?
Ada sebuah koan Sekte Zen.
Seseorang bertanya pada Bhiksu Zhao-zhou:
"Apakah itu Zhao-zhou?"
Bhiksu Zhao-zhou menjawab:
"Pintu timur, pintu barat, pintu selatan, pintu utara."
Jawaban dari "cerita lucu" ini berada di dalamnya.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar